Hijrah: Kajian Ustadz Yossi Al Muzani

Pada tema kali ini mengenai “My Hijrah My Adventure” yang dibawakan oleh Ust. Yossi Al Muzanni salah satu foundek KLIK Malang. Pada pembahasan kali ini beliau menyampaikan makna hijrah, seperti apa orang yang berhijrah itu dn masih banyak lagi. Pada dasarnya Hijrah itu berarti melepaskan semua kesalahan atau keburukan kita baik secara keseluruhan maupun bertahap. Dalam hal ini Hijrah berarti meyakini bahwa semuanya adalah milik Allah, kita hanya yakin padaNya dan percaya bahwa dengan pertolonganNya hidup kita akan menjadi damai. Makna hijrah itu harus kita patui dengan prinsip hidup kita. Seseorang dikatakan berhijrah jika telah memenuhi dua syarat yaitu ; ada sesuatu yang ditinggalkan dan ada sesuatu yang mau dituju. Keduanya akan berusaha dipenuhi oleh para mereka-mereka yang berhijrah.

Nah, di zaman yang serba modern ini, banyak tren-tren model hijrah yang keren, salah satunya ialah hijrah dari “si dia” yang pernah menaklukkan hati kita. Nah ini itu penyakit anak muda zaman sekarang dimana banyak sekali yang berpacaran dengan lawan jenis yang jelas bukan maromnya tanpa merasa takut dosa sedikit pun. Pasti ngeri, kan..

Namun ada juga yang memandang hijrah sebagai sebuah tren, katakan saja banyak sekali para akhwaters yang berlomba-lomba memanjangkan kerudunngya, berbaju cantik ala model tapi masih suka berpacaran. Nah..lo.. kan rugi tuh..

Jadi, dari ceramah beliau menyampaikan ayok sama sama kita berusaha hijrah lillahi ta’ala karena kita tak tahu amalan mana yang akan allah terima nanti sebagai balasan kita menuju akhirat..kita masih butuh banyak perbaikan. Bahkan orang-orang sholeh pun masih merasa takut dengan dosanya yang nantinya akan dipertanggungjawabkan di akhirat.

Oleh sebab itu, ayuk sama-sama kita muhasabah diri, saling mengintropeksi diri, saling menasehati dalam kebaikan dan ketatatan, banyak berteman dengan orang-orang yang sholih. insyaAllah kita bisa masuk Syurga bareng-bareng nantinya. Aamiiin… []

Tinggalkan komentar