Gelar Musyawarah Kerja, KAMMI UM Wacanakan Normalisasi Kaderisasi dan Budaya Literasi

IMG_20151213_142021
Ketua Departemen Kaderisasi akh Amin tengah menyampaikan proker unggulannya

Ahad, (13/12) Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia a.k.a KAMMI Komisariat Universitas Negeri Malang menggelar Musyawarah Kerja (musyker). Kegiatan ini dilaksanakan di Komisariat KAMMI Universitas Negeri Malang Jl. Canda II no.210, Kota Malang. Musyawarah kerja merupakan agenda rutin yang setiap tahun selalu diadakan untuk sosialisai serta pemilihan program kerja dan agenda untuk satu tahun kepengurusan dari departemen-departemen yang ada di KAMMI Komisariat UM.

 Kegiatan ini dimulai dengan sambutan dan taujih dari ketua komisariat KAMMI UM terpilih tahun ini Akhina Agus Budiana. Dalam taujihnya Akh Agus banyak menyampaikan tentang amal jama’i serta menyampaikan fokus gerak dari KAMMI UM untuk tahun ini yang lebih berorientasi pada normalisasi kaderisasi serta rekonstruksi budaya intelektual. Ide tersebut melihat dari sistem kaderisasi tahun kepengurusan sebelumnya yang dirasa belum sesuai manhaj yang ada serta lemahnya budaya intelektual pada kader KAMMI UM.

Acara penyampaian program kerja dari seluruh departemen di KAMMI UM dimulai dari  Lembaga Semi Otonom (LSO) KAMMI UM Penstuil yang memaparkan banyak program kerja salah satu proker unggulannya yaitu Seminar Kepenulisan dengan serangakaian perlombaan menulis.  Dilanjutkan dengan departemen Hubungan Masyarakat (humas) yang mengusulkan adanya program kerja untuk mewadahi jiwa kehumasan kader KAMMI UM dalam bentuk kontes perlombaan di bidang kejurnalistikan. Biro Dana Usaha (DANUS) pun mengusulkan tentang perlu adanya Training Kewirausahaan dengan tujuan membekali kader KAMMI UM dalam hal berwirausaha.

Sebelumnya acara musyker sempat dihentikan sementara untuk mempersilahkan kader melaksanakan sholat dzuhur dan makan siang. Pukul 13.00 musyker kembali dimulai dengan penyampaian program kerja dari departemen Kebijakan Publik. Terdapat 3 progam kerja yang akan digarap oleh departemen Kebijakan Publik (KP) diantaranya SIAKAD (diskuSI Antar KADer) yang bertujuan untuk memfasilitasi kader ketika berdiskusi tentang isu politik maupun isu-isu yang berkembang saat ini. Departemen Kebijakan Publik juga mengusulkan adanya Forum Mahasiswa Pejabat Kampus untuk sarana komunikasi dan sharing dari kader KAMMI UM yang beramanah di Organisasi Mahasiswa Kampus seperti BEM, DPM, dan sebagainya. Program kerja yang terakhir dari Departemen KP yaitu Seminar Kepemudaan yang mempunyai sasaran untuk seluruh mahasasiswa kampus UM.

Penyampaian proker terakhir pada acara musyker hari itu yaitu dari Departemen Kaderisasi. Banyak program kerja yang dicanangkan oleh departemen Kaderisasi ini mulai dari Madrasah KAMMI 1 Klasik, Daurah Marhalah 1, Dauarah Militansi, Risalah Kaderisasi, Muhibah Roghbatun, serta proker dan agenda yang lainnya. Berbagai program kerja yang diusulkan departemen Kaderisasi tahun ini mengacu dari focus gerak KAMMI UM yaitu normalisasi kaderisasi seperti yang disampaikan ketumsat dalam taujihnya.

Berdasarkan presensi kehadiran sekitar 50 kader KAMMI UM hadir pada hari itu untuk dilibatkan dalam memutuskan program kerja yang kedepannya dapat direalisasikan dari seluruh usulan proker masing-masing departemen. Menurut salah satu peserta yang hadir dalam musyawarah kerja KAMMI UM memberikan pendapat tentang musyawarah kerja yang digelar pada hari ahad kemarin.

“Acara musyawarah kerja hari ini sudah bagus dan sangat bermanfaat, dengan adanya musyker ini kita juga bisa saling bersilaturahmi dengan kader yang lain” ujar Izzudin anggota Departemen Kaderisasi KAMMI UM.

“Kita juga bisa mengetahui program kerja program yang diusulkan dari masing-masing departemen yang ada serta, memutuskan program tersebut bisa dilaksanakan untuk kedepanya atau enggak” lanjutnya.

Dari musyker tersebut, diharapkan para peserta dapat memberikan aspirasinya serta pandangan mereka dari program kerja yang diusulkan dari masing-masing departemen. Akhir dari acara musyker ini ditutup dengan penyampaian dari proker proker yang sudah diputuskan untuk direalisasikan di satu tahun kepengurusan kedepan. Terdapat sepuluh proker besar yang disetujui dari berbagai usulan proker yang disampaikan masing-masing departemen. Proker terdekat yaitu Pemira UM serta proker penutuo diakhir pengurusan KAMMI UM yaitu Seminar Kepemudaan.

Ahad, 13 Desember 2015

Humas KAMMI Komisariat UM, Kota Malang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s