FREEPORT Semakin Mengancam Kedaulatan

ketumsat

“Perpanjangan kontrak PT. Freeport Indonesia semakin mengancam kedaulatan di Indonesia. Selain royalty yang sangat tidak sebanding dengan hasil yang diperoleh PT.Freeport yakni hanya 1% dari hasil jual, kini PT Freeport melakukan ekspansi wilayah pertambangan dengan mengusir penduduk sekitar. Selain itu, pencemaran lingkungan yang ditimbulkan menyebabkan ikan dan biota air tidak dapat tumbuh di wilayah estuari sekitar”. Orasi tersebut disampaikan oleh ketua KAMMI Komisariat UM dalam aksi KAMMI se Malang Raya tentang penolakan perpanjangan kontrak Freeport di Indonesia.

Aksi tersebut diselenggarakan atas taklimat ketua KAMMI Pusat, Akhina Kartika untuk menyalurkan keprihatinan KAMMI kepada pemerintah daerah untuk kemudian dilanjutkan ke pemerintah pusat yang berada di Jakarta. Sebagai bangsa yang berdaulat, tidak seharusnya kita rela aset pribumi dikelola oleh asing. Apalagi keuntungan yang diperoleh hanyalah 1% dari hasil penjualan, bahkan penduduk nyaris terusir dan ekosistem sekitar pertambangan rusak.

Sebagai mahasiswa, bukan saatnya kita hanya mengurusi diri sendiri. Bukan saatnya kita berdiam diri di dalam kelas dan kamar kos yang nyaman, beristirahat dengan tenang padahal diluar sana banyak tugas negara yang masih diselewengkan oleh pemegang amanah negeri ini. Janganlah bersifat acuh, karena Indonesia membutuhkan pemikiran dan aspirasi kita. Wahai kalian yang rindu kemenangan, wahai kalian yang turun ke jalan, demi mempersembahkan jiwa dan raga, untuk negeri tercinta. Kedaulatan Indonesia adalah tugas kita bersama, menghilangkan antek-antek asing yang secara halus ingin menjajah negeri ini adalah kewajiban kita. Jangan biarkan generasi penerus kita tidak bisa merasakan betapa kaya budaya dan alam Indonesia. Mari berbenah kawan, Indonesia butuh kita (sal/KP).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s