Ini Cara KAMMI UM Memperingati Hari Sumpah Pemuda

MALANG, 26 Oktober 2014. Hari sumpah pemuda diperingati oleh pelajar dan mahasiswa di berbagai daerah dengan cara yang unik. Khususnya mahasiswa perwakilan dari Universitas Negeri Malang yang tergabung dalam organisasi KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia). Para pemuda pemudi ini terus menggemparkan aksinya. Agenda kali ini yang berada di bawah kendali para kader angkatan 2013 sebagai panitia dalam rangka menyambut hari SUMPAH PEMUDA, pada hari Ahad 26 Oktober 2014 KAMMI menunjukkan aksinya dengan menyebarkan bunga dan tanda tangan di atas kain putih disertai dengan secuil kata mengenai kontribusinya sebagai pemuda untuk indonesia kedepannya. Aksi ini dilaksanakan di CFD (Car Free Day) Jl.Ijen Kota Malang mulai pukul 06.00 WIB hingga selesai. Dalam acara Sumpah Pemuda kali ini KAMMI berkolaborasi dengan P2KM (Pergerakan Pemuda Kota Malang).

STIKER2

Peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke-84 tahun ini mengangkat tema “Eksplorasi Cita Pemuda Masa Depan”. Tema tersebut membawa pesan bahwa kita semua khususnya para pemuda indonesia mempunyai harapan-harapan, impian, asa, keinginan, cita-cita dan semangat juang untuk masa depan indonesia yang lebih baik. Acara dimulai dari pembukaan kemudian tilawah, sambutan ketua pelaksana, sambutan ketua umum KAMMI, kemudian dilanjutkan dengan upacara (apel) sederhana dengan rangkaian pembacaan ikrar sumpah pemuda dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah upacara selesai, KAMMI dan P2KM melanjutkan kegiatan dengan menyebarkan bunga, selebaran dan stiker kepada orang-orang yang berada di sekitar area CFD yang kemudian memintanya untuk memberikan tanda tangan sebagai bentuk partisipasi mereka dan secuil kata mengenai kontribusi sederhananya dalam membangun Indonesia. Di dalam tanda tangan tersebut membuktikan bahwa para pemuda indonesia mempunyai harapan-harapan yang harus diwujudkan dan diperjuangkan untuk masa depan indonesia. Iringan orasi yang di lantunkan oleh ketua umum KAMMI dan dilanjutkan dengan pembacaan puisi dengan tema pemuda indonesia oleh salah satu ikhwan KAMMI angkatan 2013 yang tergabung sebagai panitia juga. Setelah itu acara dilanjutkan dengan longmarch keliling di area CFD sambil membawa kain putih yang penuh dengan tanda tangan dan kontribusi para pemuda dan orang-orang yang ikut berpatisipasi dalam menyambut hari Sumpah Pemuda dan di iringi dengan orasi. Kemudian acara di akhiri dengan penutupan oleh ketua pelaksana.

10704027_961607130519588_1827104329164671824_n
Kader KAMMI UM sedang longmarch

Acara ini dimaksudkan untuk mengingatkan kembali para  pemuda akan pentingnya peranan pemuda untuk indonesia menuju perubahan dan membangkitkan kembali cita-cita perjuangan pemuda dahulu dalam menyatukan NKRI untuk mewujudkan kesejahteraan indonesia. Ketua umum komisariat KAMMI UM Fajar Tirandhica mengatakan dalam orasinya bahwa peringatan sumpah pemuda mengingatkan kita pada pendahulu kita yang rela berjuang dan berkorban untuk bangsanya. Mereka meninggalkan ego masing-masing dan memilih persatuan meski beda suku, aliran, ras, dan agama. Kita pernah mendengar sebuah ungkapan Hasan Al Banna, “Dibalik kebesaran bangsa-bangsa di dunia salah satu rahasianya adalah pemuda”. Presiden pertama kita bahkan pernah menyatakan, “beri aku 10 pemuda, akan aku ubah dunia”. Ini menunjukkan betapa besar potensi yang dimiliki pemuda. Peringatan hari sumpah pemuda ini menjadi penting melihat saat ini banyak kita jumpai pemuda yang tidak ingin terlalu ambil pusing untuk permasalahan negerinya. Jika kepedulian pemuda akan nasib bangsanya semakin terkikis, bukan tidak mungkin negeri ini akan mengalami kemunduran. “Saya berharap para Muslim negarawan mampu menjadi teladan yang baik bagi para pemuda-pemuda bangsa yang lain, kita harus menyiapkan sosok kader-kader pemimpin yang siap berkorban untuk kemajuan negerinya” ungkapnya.

this post created by : Tika Yanuar Pratiwi

other photos :

2 thoughts on “Ini Cara KAMMI UM Memperingati Hari Sumpah Pemuda

  1. Salam Muslim Negarawan !!!
    Semangat Berkarya Kader KAMMI UM, jadilah tauladan yang baik, karena kita adalah generasi penerus.

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s