re-Orientasi yuk!

planet_06Dunia kampus adalah dunia yang istimewa. Di sini, 2 % (ya, hanya 2% saja) dari penduduk indonesia  belajar berkembang menjadi inan paripurna. Dalam perjalan jaman, mahasiswa, kuliah dan kampus telah banyak sekali menorehkan catatan-catatan tinta emasnya.

Sejak dahulu, terdapat setidaknya ada dua arus besar yang membentuk perilaku elemen kampus dengan segala karakteristiknya; Arus aktivis politik, yaitu mereka yang aktiv di berbagai organisasi pergerakan mahasiswa baik intra maupun ektra kampus. Dan arus ilmuwan, yaitu mereka yang focus di bidang akdemik, dan mengembangkan bakat akdemiknya baik yang bergerak melalui organisasi-organisasi keilmuan dan penelitian maupun atas nama lembaga kampus dan perseorangan.

Sedikit kita membicarakan tentang track record politik pergerakan mahasiswa;

  1. Tahun 1966 :Orde baru, bertemakan kebebasan serta menolak demokrasi terpimpin, dengan mengusung ruh perjuangan tentang kebebsan ini, mahasiswa terlibat konflik politik dengan soekarno dan juga militer
  2. Tahun 1974: Malari, bertemakan kemandirian ekonomi (anti jepang), dengan mengusung ruh perjuangan nasionalisme ekonomi pergerakan mahasiswa saat itu ikut melebur bersama dalam konflik antara Ali murtopo dengan Soemitro
  3. Tahun 1989 : kasus 5 agustus, dengan mengangkat tema menolak demokrasi terpimpin, serta sedang maraknya konflik di kalangan elite militer mahasiswa dengan semangat membangun sikap kritis sebagai modal demokrasi . dalam perjuangan ini mahasiswa mendapatkan ancaman serius, karena mereka berada di tengah-tengah konflik militer, dengan tokoh sentralnya, tentu saja sang presiden soeharto.
  4. Tahun 1998 : Reformasi Total, semangat besar yang diusung ratusan ribu mahasiswa saat titu adalah krisis ekonomi serta menuntut turunnya Soeharto dari kursi presiden. Dengan ruh perjuangan REFORMASI TOTAL, mahasiswa melibatkan dirinya dalam konflik Soeharto-DPR dan mahasiswa. Gerakan reformasi yang begitu terkenal sehingga menjatuhkan presiden dan selalu di banggakan sebagai salah satu prestasi terbesar gerakan mahasiswa.

Sungguh hebat peranan mahasiswa dalam perjalan politik bnagsa ini. Namun sadarkah kita, disamping itu semua ada prestasi dari kaum mahasiswa yang sangat besar dan tak tergantikan oleh generasi apapun, dan kapanpun. Yaitu prestasi pengembangan keilmuan, intelektualitas serta budaya akademis dan kritis yang selalu menjadi ciri khas kaum mahasiswa. Dan memnag inilah tujuan yang sebenarnya yang ada di dalam semangat hadirnya sesosok manusia bernama mahasiswa.

Hal inilah yang sering hilang atau setidaknya kurang gregetnya di dalam diri seorang kader dakwah. Mungkin dulu ketika 98, seorang ikhwan atau akhwat di katakan hebat, dikatakan militant ketika dia rela meninggalkan ulangan demi turun ke jalan menyerukan reformasi, mungkin dulu seorang aktivis dikatakan militant ketika dalam sehari bisa syuro 3 kali, sedangkan untuk ujian, dia hamper tak menyentuh buku-bukunya. Namun sekarang paradigma ini telah berubah, kader yang militant adalah yang mampu memenuhi kewajiban dasarnya sebagi mahasiswa, tetapi juga yang tidak meninggalkan tugas-tugasnya didalam organisasi dakwah.  TAWAZUN.

Sekarang, kita musti mulai berpikir untuk berprestasi tidak hanya dalam konteks keorganisasian, tetapi juga prestasi di kuliah. Buat para kader (lebih lagi yang masih punya banyak waktu) hendaknya lebih mengintensifkan di kegiatan-kegiatan akademik, karena prestasi itulah yang juga akan mendongkrak pamor dakwah kita. So mulai sekarang, seiring intensnya syuro, maka makin intens juga belajar kelompok, sejalan padatnya proker, makin padat pula jadwal ke perpus, makin tinggi aanah atau jabatan, makin tinggi pula IPK,,,,,,, apakah bisa? PASTI BISA, HARUS BISA ..!

sedikit oleh-oleh pasca tasqif ilmi dari kader yang menyesal telah banyak menyia-nyiakan waktu mudannya; IqbalAli

4 thoughts on “re-Orientasi yuk!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s