Proker2 KADERISASI

Kalau sebelumnya telah diperkenalkan tentang profil kaderisasi, kali ini kita akan mengenal beberapa proker kaderisasi yang akan dijelaskan secara singkat.ya, langsung saja.Di kaderisasi ada 9 proker yaitu sebagai berikut:

  1. Liqo kaderisasi

Dilakukan setiap sebulan sekali dengan tujuan untuk mengevaluasi program yang telah berjalan selama 1 bulan, mengevaluasi kondisi internal kaderisasi, dan mempersiapkan program kerja selanjutnya. Sasaran dari kegiatan ini adalah all pengurus kaderisasi.

  1. Solid I

Solid I merupakan satu kesatuan dari madrasah klasikal dan ngompol.Ditujukan bagi kader yang baru mengikuti DMI dan kader ABI lama yang belum lulus Solid I.Kegiatan ini bertujuan untuk memback-up kader dari sis dieniyah dan sospol.Untuk madrasah klasikal yang merupakan salah satu program kaderisasi dilaksanakan setiap minggu 1,2, dan 3, dan tinggal 1 pertemuan lagi.

  1. Tahsin

Ditujukan bagi seluruh kader KAMMI dan umum dengan tujuan menambah dan pengetahuan tajwid kader dan untuk sarana recruitment.dilaksanakan tiap 2 minggu sekali dengan format yang terpisah antara ikhwan dan akhwat.

  1. Maaliyatun nafs

Rutin dilakukan selama 2 bulan 1X dengan tujuan untuk memenuhi suplemen ruhiyah kader dan sarana recruitment karena tujuannya tidak hanya kader KAMMI saja tapi juga umum.

  1. Madrasah Kammi Khos(MAY dan MATUBA include ke dalamnya)

Ditujukan bagi kader yang baru mengikuti DMI untuk memback-up pengetahuan/pemahamannya tentang KAMMI. Dalam MK Khos ini juga dievaluasi tentang amal harian dan tugas baca serta penilaian tentang Indeks Jati Diri Kader(IJDK).Untuk akhwat dibagi menjadi 3 kelompok dan ikhwan dibagi menjadi 2 kelompok.

  1. Kaderisasi Online

Bertujuan sebagai sarana komunikasi dan informasi about kaderisasi. Seperti yang ada di depan antum saat ini.

  1. KIA(Kaderisasi In Action)

Riayah kader tidak hanya pada sisi fikriyah dan ruhiyah saja tetapi dari sisi jasadiyah tidak kalah penting karena Rasululah mukmin yang sehat lebih dicintai oleh-nya daripada mukmin yang lemah.Tujuannya, selain memenuhi dan menyeimbangkan kebutuhan jasadiyah kader juga untuk meningkatkan kesolidan kader.

  1. Daurah Marhalah I

DMI merupakan kegiatan besar kaderisasi dalam ajang perekrutan kader baru KAMMI yang akan meneruskan estafet perjuangan dakwah KAMMI terutama di UM. DMI ini diagendakan dilaksanakan 2X dalam 1 tahun yaitu pada bulan mei dan bulan oktober. Kalau DMI gabungan sebelumnya yaitu pada tahun 2007, UM berhasil mengirimkan kader terbanyak dari komsat-komsat yang lain. DMI mandiri pada bulan Mei ini kita targetkan 80% dari sebelumnya yaitu sekitar 60 kader. Alhamdulillah jumat-ahad, 16-18 mei kemarin DMI periode pertama telah dilaksanakan mulai hari sabtu jam 13.00-ahad, jam 15.00 meskipun jumlah kader yang ikut sangat jauh dari harapan. Akhwat dan ikhwan masing-masing 9 orang. Tetapi dengan jumlah kader yang sedikit ini, periayahan akan lebih optimal sehingga akan dilahirkan kader-kader tangguh pemimpin umat seperti visi kita.Ada 5 materi wajib dan materi muatan local yang diberkan yaitu syahadatain, syumulyatul islam, problematika umat kontemporer, visi misi KAMMI, peran KAMMI di UM dan manajemen aksi besrta simulasinya.

Beberapa hari setelah DMI ini, SC mengadakan syuro untuk menentukan kelulusan dan keluarlah hasil untuk ikhwan ada 2 orang yang tidak lulus, 2 orang lulus bersyarat dan sisanya lulus sedangkan untuk akhwat alhamdulillah lulus semua.

Semoga kita bisa memperbaiki diri dengan berkaca pada kegiatan yang telah kita lakukan sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s