Pohon Dalam Hati

Setahun adalah sebatang pohon, bulan adalah dahan-dahannya, hari adalah ranting-rantingnya, jam adalah dedaunannya, dan napas adalah buahnya. Siapa yang napasnya ada dalam ketaatan, maka buah pohon itu adalah manis. Dan siapa yang napasnya ada dalam kedurhakaan, maka buahnya adalah pahit. Waktu panen adalah pada hari kiamat. Pada waktu panen itulah akan diketahui secara pasti apakah buah itu manis atau pahit.


Ikhlas dan tauhid merupakan pohon di dalam hati. Dahan-dahannya adalah amal, buahnya kemanisan hidup di dunia dan kenikmatan yang kekal di akhirat. Sebagaimana buah-buah surga yang tidak pernah terputus dan tidak sulit untuk dipetik, maka begitu pula buah tauhid dan ikhlas di dunia.Syirik, dusta dan riya’ adalah pohon di dalam hati. Buahnya di dunia adalah ketakutan, kekhawatiran, kesusahan, kesempitan dada dan kegelapan hati. Buahnya di akhirat adalah neraka dan adzab yang pedih lagi kekal. Allah telah menyebutkan dua jenis pohon ini di dalam surat Ibrahim ayat 24-26:

‘Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya [menjulang] ke langit, pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Robb-nya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat. Dan bagaimana pohon yang buruk seperti kalimat yang buruk, yang telah dicabut dengan akar-akarnya dari permukaan bumi, tidak dapat tetap [tegak] sedikitpun’

 

 

Ikhwatifillah…semoga sedikit taujih ini dapat menjadi semangat bagi kita, semangat tuk senantiasa menjaga perbuatan dan bermuhasabah atas semua kekhilafan diri yang sedikit demi sedikit mencoba menutupi hati-hati kita dengan titik-titik noda hitam, kelam dan pekat sehingga kita tak sanggup lagi melihat kebenaran… semoga Allah senantiasa menjaga hati-hati kita tuk selalu berkumpul tuk berdakwah di jalan Nya, amiin..

 

Deretan Karya-karya kader lainnya:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s